Rocawear Memecat Beberapa Karyawannya Untuk Keberlangsungan Perusahaan

Ikon merek pakaian hip hop Rocawear mungkin perlu meminta bantuan bank untuk mempertahankan kelangsungannya. Mengutip dari dokumen Departemen Tenaga Kerja New York State, Roca wear memecat beberapa karyawannya karena alasan ekonomi. Merek pakaian yang pernah didirikan oleh Jay-Z dan Damon Dash ini memecat 28 dari 56 karyawannya. Hal ini mengejutkan banyak pihak karena sejak tahun 1999 Rocawear terus mengembangkan bisnisnya, bahkan sudah menampilkan   Melanie Fiona, Trey Songz, Naomi Campbell, Victoria Beckham,dan Zoe Saldana untuk tampil dalam kampanye iklannya. Sejak tahun 2007 Rocawear telah dimiliki oleh perusahaan Iconix dibeli seharga 1,85 triliun rupiah. Ronnie DeMichael selaku direktur operasional dari Iconix berharap agar kampanye produk Rocawear akan terus berlangsung hingga mencapai tahap yang labih baik.

Sejarah Rocawear : Diawal tahun 1990, nama rapper Shawn “Jay Z” Carter mulai disebutkan dimana-mana. Popularitasnya semakin naik dan Jay Z pun mulai sadar akan kemampuan ttrendsetting-nya. Setelah mereferensikan apparel Iceberg di salah satu lagunya, Jay Z mulai melihat bahwa ternyata begitu banyak fans nya mulai menggunakan apaarel Iceberg ketika menghadiri konsernya. Iceberg pun mulai merasakan kenaikan pendapatannya. Dari hal tersebutlah Jay Z memulai clothing line nya yang kini menjadi salah satu urban clothing line yang sukses di dunia.

Dan perusahaan rekaman Roc-A-Fella Records yang didirikan oleh Jay Z, Damon Dash, dan Kareem “Biggs” Burke ada dibalik kesuksesan Rocawear. Bersamaan dengan meningkatnya kesuksesan Roc-A-Fella Records, Rocawear pun merasakan dampak peningkatannya dengan semakin cepat menyebar dan terpublikasi ke populasi masyarakat urban.

Dan Selama 12 tahun dari berdirinya, Rocawear telah mendapatkan total angka penjualan sebesar 6,37 triliun rupiah, dimana memulai produknya dari segmen pakaian laki-laki fokus kepada urban sportswear juga telah berkembang kepada produk anak-anak dan remaja seperti sepatu, kaos kaki, furs, outerwear, tas, headwear, aksesoris, pakaian wanita, dan pakaian dalam laki-laki.

Rocawear menjadi merek yang memiliki konsumen internasional, berawal dari hanya membuat produk yang bersegmen demografi urban kini Rocawear memiliki kantor di U.S, Kanada, UK, Jepang, Eropa, Timur Tengah, dan Rusia. Di Bulan Februari 2011 kemarin Rocawear meluncurkan online store untuk konsumen UK dan Eropa.

Di tahun 2007 kemarin Rocawear dijual Jay Z kepada Iconix Grup senilai 1,85 triliun rupiah, meskipun di saat itu Jay Z bukan lagi pemilik Rocawear namun masih menjadi Kepala Project Development, Marketing dan Licensing untuk Rocawear.

Di tahun 2009 Rocawear meluncurkan Roc4life yaitu situs jejaring sosial yang menawarkan tentang fashion dan musik.

Rocawear selalu mendominasi pakaian hip hop namun telah menjadi dewasa seiring dengan perkembangan fashion dunia.Rocawear telah menunjukkan bahwa urban clothing tidak hanya selalu digunakan untuk remaja dan dewasa awal, namun juga dapat digunakan oleh semua orang di berbagai usia.